Langsung ke konten utama

Tugas 2 PBO: Mengenal Class pada OOP dengan Java

Ketemu lagi dengan mimin.... kali ini mimin akan memposting tentang class pada object-oriented programming di Java

Apa sih itu class? Jadi, class adalah kumpulan dari data dan metode (prosedur atau fungsi, bisa keduanya) yang beroperasi di data atau program itu.

Jadi ibaratnya class itu seperti gini. Misalkan anda punya dompet berisi 2 mata uang. Anggap saja yang satu Rupiah dan yang satu Dolar. Kalau semisal anda membutuhkan uang dengan mata uang Rupiah, maka anda mengambil uang yang bermata uang Rupiah. Jika anda membutuhkan mata uang Dolar, maka Dolarlah yang anda ambil

Jadi, sama seperti yang akan mimin bahas ini. Semisal di satu kodingan itu ada 3 kelas. Semisal Lingkaran, Segitiga, dan Segiempat. Jika butuh fungsi lingkaran untuk menghitung keliling jadi panggil aja kelas lingkaran di kodingan main. Jadi begitulah

Fungsi lain yaitu adalah merapikan kodingan. Jadi jika semisal ada kesalahan anda tidak perlu mencari2 hingga kodingan anda berantakan. Semisal jika ada kesalahan di class Circle berati buka aja class Circle

Dan ini dia kodingan mimin:

Main():
 class MyMain  
 {  
   public static void main(String args[])  
   {  
     Circle aCircle;  
     aCircle = new Circle();  
     aCircle.x = 10;  
     aCircle.y = 20;  
     aCircle.r = 5;  
     double circlearea = aCircle.area();  
     double circumf = aCircle.circumference();  
     System.out.println("Circle:");  
     System.out.println("Radius="+aCircle.r+" Circle Area="+circlearea);  
     System.out.println("Radius="+aCircle.r+" Circle Circumference="+circumf);  
     System.out.print("\n");  
     Square aSquare;  
     aSquare = new Square();  
     aSquare.r = 5;  
     double squarearea = aSquare.area();  
     double squareperim = aSquare.perimeter();  
     System.out.println("Square:");  
     System.out.println("length="+aSquare.r+" Square Area="+squarearea);  
     System.out.println("length="+aSquare.r+" Square Perimeter="+squareperim);  
     System.out.print("\n");  
     Triangle aTriangle;  
     aTriangle = new Triangle();  
     aTriangle.b = 10;  
     aTriangle.h = 5;  
     double trianglearea = aTriangle.area();  
     double triangleperim = aTriangle.perimeter();  
     System.out.println("Triangle:");  
     System.out.println("base="+aTriangle.b+" height="+aTriangle.h);  
     System.out.println("Triangle Area="+trianglearea);  
     System.out.println("base="+aTriangle.b+" Triangle Perimeter="+triangleperim);  
     System.out.print("\n");  
     Rectangle aRectangle;  
     aRectangle = new Rectangle();  
     aRectangle.b = 15;  
     aRectangle.h = 10;  
     double rectanglearea = aRectangle.area();  
     double rectangleperim = aRectangle.perimeter();  
     System.out.println("Rectangle:");  
     System.out.println("base="+aRectangle.b+" height="+aRectangle.h);  
     System.out.println("Rectangle Area="+rectanglearea);  
     System.out.println("Rectangle Perimeter="+rectangleperim);  
     System.out.print("\n");  
     Rhombus aRhombus;  
     aRhombus = new Rhombus();  
     aRhombus.r = 5;  
     aRhombus.a = 6;  
     aRhombus.h = 8;  
     double rhombusarea = aRhombus.area();  
     double rhombusperim = aRhombus.perimeter();  
     System.out.println("Rhombus:");  
     System.out.println("a="+aRhombus.a+" height="+aRhombus.h);  
     System.out.println("Rhombus Area="+rhombusarea);  
     System.out.println("r="+aRhombus.r+" Rhombus Perimeter="+rhombusperim);  
     System.out.print("\n");  
     Parallelogram aParallelogram;  
     aParallelogram = new Parallelogram();  
     aParallelogram.a = 10;  
     aParallelogram.b = 15;  
     aParallelogram.h = 5;  
     double parallelogramarea = aParallelogram.area();  
     double parallelogramperim = aParallelogram.perimeter();  
     System.out.println("Parallelogram:");  
     System.out.println("base="+aParallelogram.b+" height="+aParallelogram.h);  
     System.out.println("Rectangle Area="+parallelogramarea);  
     System.out.println("side a="+aParallelogram.a+" side b="+aParallelogram.b);  
     System.out.println("Parallelogram Perimeter="+parallelogramperim);  
     System.out.print("\n");  
   }  
 }  

class Circle:
 public class Circle  
 {  
   public double x, y;  
   public double r;  
   public double circumference() {  
     return 2*3.14*r;  
   }  
   public double area() {  
     return 3.14*r*r;  
   }  
 }  

class Square:
 public class Square  
 {  
   public double r;  
   public double perimeter() {  
     return 4*r;  
   }  
   public double area() {  
     return r*r;  
   }  
 }  

class Rectangle:
   public double b;  
   public double h;  
   public double perimeter() {  
     return 2*(b+h);  
   }  
   public double area() {  
     return b*h;  
   }  

class Triangle:
 public class Triangle  
 {  
   public double b;  
   public double h;  
   public double perimeter() {  
     return 3*b;  
   }  
   public double area() {  
     return (b*h)/2;  
   }  
 }  

class Rhombus:
 public class Rhombus  
 {  
   public double r;  
   public double a,h;  
   public double perimeter() {  
     return 4*r;  
   }  
   public double area() {  
     return (a*h)/2;  
   }  
 }  

class Parallelogram:
 public class Parallelogram  
 {  
   public double a,b;  
   public double h;  
   public double perimeter() {  
     return 2*(a+b);  
   }  
   public double area() {  
     return b*h;  
   }  
 }  

Simpel kan? Dan ini dia hasilnya:


Itu aja dari mimin.... sampai bertemu di postingan selanjutnya....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS PBO: ImageEditor

Sore.... kali ini mimin mau menampilkan hasil EAS mimin. Kali ini mimin mau membuat aplikasi bernama ImageEditor. Dimana aplikasi ini dapat mengedit gambar secara sederhana. Untuk link soal:  http://fajarbaskoro.blogspot.com/2018/12/evaluasi-akhir-semester-pbo-2018.html 1. Rancangan Interface. Sederhana saja, mirip dengan yang ini: Hanya saja, untuk fungsi tambahannya ditaruh ditoolbar samping kiri dan dibawah fungsi resize (Smaller dan Larger) 2. Class diagram dari mimin: Penjelasan: ImageViewer: Bagian kelas utama untuk aplikasi editor gambar, GUI dari aplikasi, Inisialisasi semua komponen, dan untuk memulai aplikasi (atau bisa disebut juga dengan class Main) ImageFileManager: Untuk memuat dan menyimpan gambar ImagePanel: Komponen swing yang dapat menampilkan class OFImage OFImage: Kelas yang mendefinisikan gambar dalam format OF (Object First) Filter: Kelas Abstrak untuk menjalankan semua filter yang ada didalam program EdgeFilter: Membuat filter efek edge Fis

Tugas 1 APSI: System Request

System Request  Project Name: Rental Motor dan Mobil Matic “Blablabla” Project Sponsor:   Mr. X, Surabaya Business Need:   Untuk membuat penyewaan mobil yang harganya bisa terjangkau dan tentunya efektif untuk masyarakat yang ingin berpergian dengan mobil namun masyarakat tersebut tidak mau direpotkan dengan biaya perawatan mobil atau rumahnya yang tidak mendukung karena ketiadaan garasi.  Selain itu karena memang di kota tempat letak penyewaan kendaraan ini terdapat banyak wisata, dan kebanyakan orang-orang ingin menyewa mobil atau motor untuk bepergian ke wisata-wisata tersebut. Sedangkan mereka tidak memiliki kendaraan entah karena mereka berasal dari luar kota (ke kota ini untuk rekreasi dan menaiki angkutan umum) atau memang karena mereka benar-benar tidak memiliki kendaraan. Mengapa kita pilih Motor dan Mobil Matic? Dikarenakan pada saat ini lumayan sulit untuk mencari penyewaan motor matic (scooter) dan mobil yang bertransmisi otomatis namun dengan harg