Ketemu lagi dengan mimin.... kali ini mimin akan memposting tentang class pada object-oriented programming di Java
Apa sih itu class? Jadi, class adalah kumpulan dari data dan metode (prosedur atau fungsi, bisa keduanya) yang beroperasi di data atau program itu.
Jadi ibaratnya class itu seperti gini. Misalkan anda punya dompet berisi 2 mata uang. Anggap saja yang satu Rupiah dan yang satu Dolar. Kalau semisal anda membutuhkan uang dengan mata uang Rupiah, maka anda mengambil uang yang bermata uang Rupiah. Jika anda membutuhkan mata uang Dolar, maka Dolarlah yang anda ambil
Jadi, sama seperti yang akan mimin bahas ini. Semisal di satu kodingan itu ada 3 kelas. Semisal Lingkaran, Segitiga, dan Segiempat. Jika butuh fungsi lingkaran untuk menghitung keliling jadi panggil aja kelas lingkaran di kodingan main. Jadi begitulah
Fungsi lain yaitu adalah merapikan kodingan. Jadi jika semisal ada kesalahan anda tidak perlu mencari2 hingga kodingan anda berantakan. Semisal jika ada kesalahan di class Circle berati buka aja class Circle
Dan ini dia kodingan mimin:
Main():
class Circle:
class Square:
class Rectangle:
class Triangle:
class Rhombus:
class Parallelogram:
Simpel kan? Dan ini dia hasilnya:
Itu aja dari mimin.... sampai bertemu di postingan selanjutnya....
Apa sih itu class? Jadi, class adalah kumpulan dari data dan metode (prosedur atau fungsi, bisa keduanya) yang beroperasi di data atau program itu.
Jadi ibaratnya class itu seperti gini. Misalkan anda punya dompet berisi 2 mata uang. Anggap saja yang satu Rupiah dan yang satu Dolar. Kalau semisal anda membutuhkan uang dengan mata uang Rupiah, maka anda mengambil uang yang bermata uang Rupiah. Jika anda membutuhkan mata uang Dolar, maka Dolarlah yang anda ambil
Jadi, sama seperti yang akan mimin bahas ini. Semisal di satu kodingan itu ada 3 kelas. Semisal Lingkaran, Segitiga, dan Segiempat. Jika butuh fungsi lingkaran untuk menghitung keliling jadi panggil aja kelas lingkaran di kodingan main. Jadi begitulah
Fungsi lain yaitu adalah merapikan kodingan. Jadi jika semisal ada kesalahan anda tidak perlu mencari2 hingga kodingan anda berantakan. Semisal jika ada kesalahan di class Circle berati buka aja class Circle
Dan ini dia kodingan mimin:
Main():
class MyMain
{
public static void main(String args[])
{
Circle aCircle;
aCircle = new Circle();
aCircle.x = 10;
aCircle.y = 20;
aCircle.r = 5;
double circlearea = aCircle.area();
double circumf = aCircle.circumference();
System.out.println("Circle:");
System.out.println("Radius="+aCircle.r+" Circle Area="+circlearea);
System.out.println("Radius="+aCircle.r+" Circle Circumference="+circumf);
System.out.print("\n");
Square aSquare;
aSquare = new Square();
aSquare.r = 5;
double squarearea = aSquare.area();
double squareperim = aSquare.perimeter();
System.out.println("Square:");
System.out.println("length="+aSquare.r+" Square Area="+squarearea);
System.out.println("length="+aSquare.r+" Square Perimeter="+squareperim);
System.out.print("\n");
Triangle aTriangle;
aTriangle = new Triangle();
aTriangle.b = 10;
aTriangle.h = 5;
double trianglearea = aTriangle.area();
double triangleperim = aTriangle.perimeter();
System.out.println("Triangle:");
System.out.println("base="+aTriangle.b+" height="+aTriangle.h);
System.out.println("Triangle Area="+trianglearea);
System.out.println("base="+aTriangle.b+" Triangle Perimeter="+triangleperim);
System.out.print("\n");
Rectangle aRectangle;
aRectangle = new Rectangle();
aRectangle.b = 15;
aRectangle.h = 10;
double rectanglearea = aRectangle.area();
double rectangleperim = aRectangle.perimeter();
System.out.println("Rectangle:");
System.out.println("base="+aRectangle.b+" height="+aRectangle.h);
System.out.println("Rectangle Area="+rectanglearea);
System.out.println("Rectangle Perimeter="+rectangleperim);
System.out.print("\n");
Rhombus aRhombus;
aRhombus = new Rhombus();
aRhombus.r = 5;
aRhombus.a = 6;
aRhombus.h = 8;
double rhombusarea = aRhombus.area();
double rhombusperim = aRhombus.perimeter();
System.out.println("Rhombus:");
System.out.println("a="+aRhombus.a+" height="+aRhombus.h);
System.out.println("Rhombus Area="+rhombusarea);
System.out.println("r="+aRhombus.r+" Rhombus Perimeter="+rhombusperim);
System.out.print("\n");
Parallelogram aParallelogram;
aParallelogram = new Parallelogram();
aParallelogram.a = 10;
aParallelogram.b = 15;
aParallelogram.h = 5;
double parallelogramarea = aParallelogram.area();
double parallelogramperim = aParallelogram.perimeter();
System.out.println("Parallelogram:");
System.out.println("base="+aParallelogram.b+" height="+aParallelogram.h);
System.out.println("Rectangle Area="+parallelogramarea);
System.out.println("side a="+aParallelogram.a+" side b="+aParallelogram.b);
System.out.println("Parallelogram Perimeter="+parallelogramperim);
System.out.print("\n");
}
}
class Circle:
public class Circle
{
public double x, y;
public double r;
public double circumference() {
return 2*3.14*r;
}
public double area() {
return 3.14*r*r;
}
}
class Square:
public class Square
{
public double r;
public double perimeter() {
return 4*r;
}
public double area() {
return r*r;
}
}
class Rectangle:
public double b;
public double h;
public double perimeter() {
return 2*(b+h);
}
public double area() {
return b*h;
}
class Triangle:
public class Triangle
{
public double b;
public double h;
public double perimeter() {
return 3*b;
}
public double area() {
return (b*h)/2;
}
}
class Rhombus:
public class Rhombus
{
public double r;
public double a,h;
public double perimeter() {
return 4*r;
}
public double area() {
return (a*h)/2;
}
}
class Parallelogram:
public class Parallelogram
{
public double a,b;
public double h;
public double perimeter() {
return 2*(a+b);
}
public double area() {
return b*h;
}
}
Simpel kan? Dan ini dia hasilnya:
Itu aja dari mimin.... sampai bertemu di postingan selanjutnya....
Komentar
Posting Komentar