Langsung ke konten utama

Apa itu Sistem Analyst?

Analis sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang analis sistem harus memiliki setidaknya empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain).

Kemampuan analisis memungkinkan seorang analis sistem untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang analis sistem untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Seorang analis sistem harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang analis sistem mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu analis sistem dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan analis, programer, dan profesi sistem lainnya.

Analis sistem bisa pula menjadi perantara atau penghubung antara perusahaan penjual perangkat lunak dengan organisasi tempat ia bekerja, dan bertanggung jawab atas analisis biaya pengembangan, usulan desain dan pengembangan, serta menentukan rentang waktu yang diperlukan. Analis sistem bertanggung jawab pula atas studi kelayakan atas sistem komputer sebelum membuat satu usulan kepada pihak manajemen perusahaan.

Pada dasarnya seorang analis sistem melakukan hal-hal berikut:


  • Berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan sistem yang akan di gunakan
  • Berinteraksi dengan desainer untuk mengemukakan antarmuka yang diinginkan atas suatu perangkat lunak
  • Berinteraksi ataupun memandu programer dalam proses pengembangan sistem agar tetap berada pada jalurnya
  • Melakukan pengujian sistem baik dengan data sampel atau data sesungguhnya untuk membantu para penguji
  • Mengimplementasikan sistem baru/sistem usulan yang akan digunakan perusahaan
  • Menyiapkan dokumentasi berkualitas
Tentunya, ada beberapa Skill yang harus dimiliki oleh system analis, yaitu adalah sebagai berikut:
  • Seorang sistem analis harus memiliki pengetahuan akan teknologi dan pemrograman. Oleh karena itu system analyst umumnya merupakan pribadi yang up-to-date terhadap perkembangan teknologi.
  • Seorang sistem analis mampu memahami sebuah permasalahan bisnis dari berbagai aspek dan sudut pandang.
  • Seorang sistem analis berpikir dengan sistematis dan memberikan solusi yang masuk akal terhadap permasalahan bisnis yang dihadapi perusahaan.
  • Seorang sistem analis memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan akan melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan (seperti investigasi terhadap stakeholders, pemeriksaan prosedur dan dokumen-dokumen, dll.) guna mendapatkan pemahaman menyeluruh terhadap sebuah permasalahan.
  • Seorang sistem analis selalu terbuka dengan berbagai masukan dan kemungkinan guna menghasilkan opsi-opsi pemecahan masalah yang dapat memingkatkan kinerja bisnis dengan lebih baik lagi.
  • Walaupun seorang sistem analis dituntut untuk mengetahui hal-hal teknis terkait dengan solusi TI, Pada akhirnya solusi-solusi yang diberikan akan mengacu pada solusi untuk sebuah peningkatan kinerja bisnis.
Adapun langkah kerja dari sistem analisis yaitu :
  • Mengidentifikasi masalah yang ada pata sistem
  • Melakukan uji kelayakan dan memahami kinerja sistem yang ada
  • Menganalisa dan merancang sistem
  • Menerapkan sistem
  • Mengevaluasi dan memelihara sistem
Adapun langkah-langkah atau proses analisis sitem informasi yaitu :
  1. Mengkomunikasikan telaah analisis dan menyiapan tim.
  2. Mendefinisikan kebutuhan informasi. Tujuan dari identifikasi kebutuhan informasi yaitu untuk mendeteksi sistem jika sistem saaat ini manfaatnya semakin berkurang.
  3. Investigasi Awal. Tujuan investigasi awal yaitu memeriksa sistem saat ini dengan penekanan pada daerah yang menyebabkan petmasalahan. Hasil investasi awal merupakan penjelasan sistem saat ini.
  4. Requirement Analysis (Determination of Ideal Systems). Tahap ini bertujuan memperoleh konsensus dari komunitas pengguna dari sistem yang ideal. Pergantian sistem akan menyeabakan jarak antara sistem saat ini dengan sistem yang ideal. Sedangkan hasil tahap ini berupa penjelasan kebutuhan analisis terhadap sistem.
  5. Menyiapkan Proposal Desain Sistem.
  6. Menerima atau Menolak Desain Sistem.


Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS PBO: ImageEditor

Sore.... kali ini mimin mau menampilkan hasil EAS mimin. Kali ini mimin mau membuat aplikasi bernama ImageEditor. Dimana aplikasi ini dapat mengedit gambar secara sederhana. Untuk link soal:  http://fajarbaskoro.blogspot.com/2018/12/evaluasi-akhir-semester-pbo-2018.html 1. Rancangan Interface. Sederhana saja, mirip dengan yang ini: Hanya saja, untuk fungsi tambahannya ditaruh ditoolbar samping kiri dan dibawah fungsi resize (Smaller dan Larger) 2. Class diagram dari mimin: Penjelasan: ImageViewer: Bagian kelas utama untuk aplikasi editor gambar, GUI dari aplikasi, Inisialisasi semua komponen, dan untuk memulai aplikasi (atau bisa disebut juga dengan class Main) ImageFileManager: Untuk memuat dan menyimpan gambar ImagePanel: Komponen swing yang dapat menampilkan class OFImage OFImage: Kelas yang mendefinisikan gambar dalam format OF (Object First) Filter: Kelas Abstrak untuk menjalankan semua filter yang ada didalam program EdgeFilter: Membuat filter efek edge Fis

Tugas 1 APSI: System Request

System Request  Project Name: Rental Motor dan Mobil Matic “Blablabla” Project Sponsor:   Mr. X, Surabaya Business Need:   Untuk membuat penyewaan mobil yang harganya bisa terjangkau dan tentunya efektif untuk masyarakat yang ingin berpergian dengan mobil namun masyarakat tersebut tidak mau direpotkan dengan biaya perawatan mobil atau rumahnya yang tidak mendukung karena ketiadaan garasi.  Selain itu karena memang di kota tempat letak penyewaan kendaraan ini terdapat banyak wisata, dan kebanyakan orang-orang ingin menyewa mobil atau motor untuk bepergian ke wisata-wisata tersebut. Sedangkan mereka tidak memiliki kendaraan entah karena mereka berasal dari luar kota (ke kota ini untuk rekreasi dan menaiki angkutan umum) atau memang karena mereka benar-benar tidak memiliki kendaraan. Mengapa kita pilih Motor dan Mobil Matic? Dikarenakan pada saat ini lumayan sulit untuk mencari penyewaan motor matic (scooter) dan mobil yang bertransmisi otomatis namun dengan harg