Penjelasan dan soal diambil dari sini: http://fajarbaskoro.blogspot.com/2019/04/mppl-evaluasi-tengah-semester-10-april.html
Soal:
Soal:
- Buatlah TOR / KAK Proyek.
- Tentukan Ruang lingkup proyek.
- Sebutkan proses-proses dalam manajemen proyek sehingga proyek tersebut bisa selesai.
- Penerapan manajemen proyek memberikan beberapa keuntungan, sebutkan .
- Modul/ fitur apa saja yang akan diimplementasikan untuk proyek di atas?
Jawaban:
2. Ruang lingkupnya adalah
- Aplikasi digunakan untuk Pengguna atau Calon Pengguna Indihome diarea Telkom Banjarmasin
- Aplikasi digunakan untuk memantau proses pemasangan Indihome
- Aplikasi digunakan untuk komplain semua masalah yang terkait dengan Indihome
- Aplikasi digunakan untuk memantau teknisi
- Aplikasi berupa aplikasi perangkat mobile (iOS dan Android) dan juga aplikasi web
3. Proses manajemen proyek adalah:
- Initiating — Tahap permulaan ketika sponsor memberikan mandat kerja kepada PM.
- Planning — Tahap perencanaan yang berisi Project Scope dan pendefinisian aktivitas untuk menyelesaikan suatu proyek.
- Execution — Tahap pelaksanaan proyek dimana pengendalian jadwal, anggaran, dan pengawasan mutu menjadi tugas utama yang harus dilakukan oleh manajer proyek.
- Monitoring & Controlling – Tahap pengendalian sejak tahap perencanaan hingga proses eksekusi selesai dilaksanakan.
- Closing — Tahap untuk mengakhiri sebuah proyek dimana Project Manager secara resmi mendokumentasikan seluruh arsip proyek dan catatan hasil pembelajaran proyek (lessons learned).
4. Keuntungan Manajemen Proyek adalah:
- Mengidentifikasi fungsi tanggung jawab
- Meminimalkan tuntutan pelaporan rutin
- Mengidentifikasi batas waktu untuk penjadwalan
- Mengidentifikasi metode analisa peramalan
- Mengukur prestasi terhadap rencana
- Mengidentifikasi masalah dini & tindakan perbaikan
- Meningkatkan kemampuan estimasi untuk rencana yang akan datang
- Mengetahui jika sasaran tidak dapat dicapai/terlampaui
5. Fitur yang diimplementasikan:
- Pendaftaran pengguna dan pasang baru Indihome diarea Banjarmasin
- Pemilihan dan penambahan paket yang diinginkan
- Penambahan add on yang diinginkan
- Pembayaran tagihan
- Kontrol tagihan
- Pelaporan masalah
- Survey layanan IndiHome
- Membuat appointment dengan teknisi jika masalah tidak dapat diselesaikan secara online
Komentar
Posting Komentar